Rabu, 15 Juni 2011

Cara mengetik rumus kimia , rumus molekul, rumus empiris di word 2007

Dalam postingan ini akan dibahas tentang cara membuat /mengetik rumus kimia di word 2010. Ada beberapa istilah yang erat kaitannya dengan rumus kimia, namun tidak ada salahnya kita mereview kembali tentang pengertian rumus kimia, seperti di bawah ini

Rumus kimia atau terkadang disebut rumus molekul adalah cara ringkas memberikan informasi mengenai atom-atom yang menyusun suatu senyawa kimia tertentu. Untuk senyawa molekular, rumus ini mengidentifikasikan setiap unsur kimia penyusun dengan simbol kimianya dan menunjukkan jumlah atom dari setiap unsur yang ditemukan pada masing-masing molekul diskret dari senyawa tersebut. Jika suatu molekul mengandung lebih dari satu atom unsur tertentu, kuantitas ini ditandai dengan subskrip setelah simbol kimia (walaupun buku-buku abad ke-19 kadang menggunakan superskrip). Untuk senyawa ionik dan zat non-molekular lain, subskrip tersebut menandai rasio unsur-unsur dalam rumus empiris.

Misalnya: C6H12O6: karbohidrat

Sedangkan rumus empiris atau komposisi kimia dari suatu senyawa kimia adalah ekspresi sederhana jumlah relatif setiap jenis atom (unsur kimia) yang dikandungnya. Suatu formula empiris tidak memberikan gambaran mengenai isomer, struktur, atau jumlah absolut atom. Formula empiris adalah adalah standar bagi senyawa ion, seperti CaCl2, dan makromolekul, seperti SiO2. Istilah "empiris" merujuk pada proses analisis elemental, suatu teknik kimia analitik yang digunakan untuk menentukan persentasi komposisi relatif per unsur dari suatu zat kimia. Kontras dengan formula empiris, formula kimia mengidentikasi jumlah absolut atom unsur-unsur yang ditemukan pada setiap molekul di senyawa tersebut.

Sebagai contoh, n-heksana, memiliki rumus molekul CH3CH2CH2CH2CH2CH3, menyatakan bahwa senyawa ini memiliki struktur rantai lurus, 6 atom karbon dan dan 14 atom hidrogen. Formula kimia heksana karenanya adalah C6H14, sedangkan rumus empirisnya adalah C3H7 menunjukkan rasio C:H sejumlah 3:7.



Selengkapnya tentang rumus kimia dan rumus empiris bisa dilihat disini rumus kimia

Dalam contoh ini hanya akan dibahas tentang cara mengetik rumus kimia di word 2010 :

1. Untuk lebih mudahnya buat satu atau beberapa rumus kimia
misalnya :
C6H12O6  ,  CaCl2 ,  SiO2 , C6H14

Selanjutnya  blok angka 6 yang ada padaC6H12O6


2. Maka angka 6 tersebut akan berubah ukurannya menjadi subscript seperti gambar di bawah ini
Selanjutnya blok angka 12 yang ada di belakang huruf H kemudian klik tombol subscript
Lakukan hal serupa pada angka 6 di belakang O ,  angka 2 yang berada disebelah kanan huruf CaCl , dan seterusnya
Hasil editan rumus kimia-nya bisa dilihat pada baris kedua pada gambar di bawah ini


Related Posts by Categories



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar