Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tutorial Word 2010 untuk Pemula

Tutorial Word 2010 untuk Pemula
Tutorial Word 2010 untuk Pemula

Pada artikel ini akan dijelaskan mengenai Tutorial Word 2010 untuk Pemula. Microsoft Word sering digunakan oleh pengguna komputer, baik itu anak sekolah, guru, mahasiswa, pekerja kantoran dan lain sebagainya.

Penggunaan Word 2010 ini juga banyak sekali, berbagai fitur didalamnya bisa memudahkan penggunanya dalam membantu pekerjaan sehari-hari.

Khusus untuk pemula, apa saja sih yang bisa dilakukan dengan Word 2010 ini. 

Tutorial Word 2010

Akan dimulai dari yang paling sederhana, karena memang tutorial ini untuk pemula ya.

Menuliskan Teks

Untuk menuliskan Teks, hal yang perlu dilakukan yaitu sebagai berikut :
  1. Cari dan buka Microsoft Word dengan cara klik icon Word,
  2. Setelah itu klik New,
  3. Mulailah menulis

Menyimpan File

Setelah selesai menuliskan teks, untuk menyimpan ke dalam komputer, silakan ikuti panduan berikut :
  1. Pada kiri Atas, klik File kemudian pilih Save As, disana ada dua pilihan save, yaitu save as dan save.

    Perbedaannya yaitu save as untuk menyimpan file dengan nama baru kemudian kalau save menyimpan dengan nama file yang sudah ada.
  2. Kalau pilih save as, pilih folder tempat menyimpan file word tersebut, kemudian klik save.

Membuka File Word

Untuk membukanya bisa dengan 2 cara, yaitu :
  1. Membuka file dari Folder tempat menyimpan file Word tersebut, dengan cara double klik pada file Word itu, atau klik kanan lalu pilih open.
  2. Melalui Microsoft Word dan klik File lalu pilih Open, kemudian cari file tempat menyimpan dokumen Word tadi, lalu pilih Open.

Menambahkan Foto

Untuk memasukkan foto ke dalam file Word ada 2 cara secara umum, yang harus dilakuan yaitu :
  1. Pada aplikasi Word yang telah terbuka, klik insert, lalu pilih Picture kemudian menuju ke Folder tempat menyimpan gambar atau foto kemudian pilih salah satu, silakan atur lebar foto, crop atau diberi bingkai atau yang lainnya sesuai keperluan.
  2. Cari file Foto atau gambar di folder, kemudian klik kanan dan pilih Copy (atau bisa menggunakan shortcut CTRL+C), kemudian pada jendela Word yang telah terbuka, klik kanan kemudian pilih Paste (bisa menggunakan shortcut CTRL+V).

Mengecilkan dan Membesarkan Font

  • Untuk membesarkan Huruf, silakan blok terlebih dahulu huruf yang akan dibesarkan, kemudian pada Tab Home cari huruf A besar atau bisa juga dengan mengetik manual ukuran dengan angka di sebelah kiri angka A tersebut.
  • Jika akan mengecilkan huruf, setelah di blok huruf atau kata pada Tab Home pilih huruf A yang kecil dan sesuaikan ukurannya, atau dengan mengetik angka ukuran huruf yang lebih kecil dari yang tampil sekarang.

Mengganti Jenis Huruf

Untuk menggantinya, silakan melalui tab Home, pada pilihan Font, silakan klik tanda panah kecil dan pilih jenis Huruf sesuai keinginan.

Kalau untuk pekerjaan formal dan untuk tugas resmi, gunakan saja font default (biasanya Arial, Calibri dan Times New Roman).

Namun jika digunakan untuk mendesain tertentu, misalnya untuk membuat banner, bisa gunakan jenis huruf Word yang lain agar sesuai.

Membuat Huruf Tebal, Miring dan Garis Bawah

Untuk membuat huruf menjadi Tebal, silakan blok terlebih dahulu kata atau huruf yang akan diubah, kemudian pilih huruf B pada Tab Home.

Kalau untuk membuat miring, setelah di blok pilih huruf I pada tab Home.

Kemudian kalau garis bawah, setelah diseleksi huruf atau kata pada tab Home pilih huruf U.

Lihat perubahan dan perbedaannya, kalau tidak sesuai bisa klik sekali lagi diantara huruf B,I atau U hingga sesuai keinginan.

Akhir Kata

Demikian Tutorial Word 2010 untuk Pemula yang dituliskan di artikel ini, semoga pengguna pemula Word 2010 atau Word versi yang lainya akan terbantu dengan artikel ini.

Posting Komentar untuk "Tutorial Word 2010 untuk Pemula"